Selasa, 04 April 2017

Pengaruh Kecerdasan terhadap Kesuksesan Manusia

Manusia kini mudah termotivasi dengan cerita sukses orang lain seperti Bill Gates (penemu Microsoft), Mark Zuckerberg (penemu Facebook), Dr. Zakir Naik (ulama perbandingan agama), atau Malala Yousafzai (kandidat termuda untuk nobel perdamaian). Tekhnologi kian menuhankan diri di segala seluk beluk kehidupan. Menjadikan kebutuhan semakin praktis dan supercepat untuk mengakses informasi di seluruh dunia. Hakikatnya, kunci manusia sukses terletak pada keseimbangan hidup dalam dirinya, baik di dunia atau akhirat. Semua manusia menginginkan kesuksesan dalam hidupnya, tak terkecuali pekerjaan, kekayaan, dan pendidikan. Namun, manusia adalah sosok yang sangat mudah memberi kelonggaran pada diri sendiri. Dalam keadaan letih, putus asa, dan mulai kehilangan percaya diri, disiplin mudah sekali kendur. Memang meraih sukses tidak mudah, banyak gagal sama dengan banyak belajar. Setiap kegagalan yang dihadapi harusnya bisa mengambil pelajaran yang kemudian menjadi petunjuk bagi langkah selanjutnya. Jika manusia benar-benar mencintai dan meyakini sebuah pekerjaan, tumbuhkan pula passion atau hasratnya salah satunya mengembangkan potensi kecerdasan diri.

                Mengisi hal-hal positif dan membuka lebar jagat pikiran adalah cara menggali potensi diri manusia. Pada dasarnya, manusia zaman ini adalah Homo Sapiens (manusia cerdas) dan tidak ada manusia lahir tanpa potensi diri. Kecerdasan manusia ada delapan yaitu intrapersonal, interpersonal, linguistik, matematis/logika, visual, kinetik, musikal, dan naturalis. Sehingga, menurut sistem pendidikan dari UNESCO dan Nasional yakni belajar untuk memahami dan menghayati, belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, dan belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setiap pribadi akan mempola diri sesuai yang diinginkan, maka menemukan sesuatu yang membuat bahagia adalah hal yang patut diperjuangkan. Nilai-nilai atau strategi sukses muncul dari perjuangan nyata, bukan lahir dari teori untuk kemudian dikumandangkan sebagai nasihat tanpa pembuktian konkret.

                Kesuksesan manusia tergantung kecerdasannya. Kecerdasan tidak hanya secara kognitif saja, namun emosi berperan penting dalam menentukan tindakan seseorang. Seorang yang cerdas mampu mengoptimalkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki. Bahagia dengan cara sederhana dan bisa meraih apa yang diinginkan adalah kesuksesan yang didefinisikan banyak orang. Menjadi diri sendiri dan tetap bertahan ketika menghadapi kegagalan adalah kuncinya, intropeksi diri dan mempunyai rencana yang baik merupakan langkah strategis menuju kesuksesan di tangan.

Dikutip dari buku nasional bestseller Mimpi Sejuta Dolar oleh Merry Riana, seberapapun kuatnya keinginan sukses yang ada di diri tiap orang, sayangnya tidak semua orang mau atau sanggup membayar harga dari kesuksesan itu. Banyak gagal, banyak belajar. Kegagalan adalah ciri perjalanan sukses. Dengan mengalami kegagalan, manusia mendapatkan pelajaran untuk mengetahui cara-cara yang lebih baik. Selalu melakukan perubahan dalam strategi atau pilihan agar kegagalan yang sama tidak terulang lagi. Keluar dari kebekuan pikiran yang cenderung memasrahkan diri untuk hanya menerima nasib yang begitu-begitu saja. Begitu banyak peluang di dunia ini yang sangat memungkinkan untuk meraih sukses. Membangun harapan dan keinginan yang kuat untuk membentuk diri sebagai manusia berharga yang pantas menjalankan pekerjaan yang baik dengan penghasilan yang baik pula.

Manusia memiliki kecerdasan yang menonjol dalam pribadinya, sehingga bisa berkembang dan mempunyai passion di bidang tertentu. Melakukan hal yang berbeda dan keluar dari kotak hanya bisa dilakukan manusia yang berkualitas. Motivasi sukses mudah memengaruhi pikiran orang, namun sukses di tangan pribadi harus melewati percobaan dan kegagalan yang menekan mental dan energi diri. Belajar dari kegagalan dan mengembangkan kemampuan adalah strategi yang jitu untuk menempuh jalan kesuksesan. Ketidakberuntungan bukan bagian dari hidup, tapi kemauan yang turun-naik, itulah penyebabnya.

1 komentar:

  1. DonacoPoker Aman dan Terpercaya

    Sedang mencari situs judi online yang aman dan terpercaya kami ada solusinya. DonacoPoker menjamin setiap kemenangan anda pasti akan terbayarkan dan juga memberikan kesempatan menang lebih besar dibanding situs-situs lainnya. Jadi jangan ragu lagi segera hubungi kami di :
    WA : +6281333555662
    atau langsung di Livechat kami di : donacopkr(titik)com

    >>>DAFTAR<<<

    Agen Poker Online Terpercaya

    BalasHapus